RANCANGAN PEMBELAJARAN IKLAN MEDIA CETAK

Tri Nugroho Adi

Tri Nugroho Adi

1. Institusi : FISIP Jurusan Ilmu Komunikasi
2. Tahun Akademik : 2014/ 2015
3. Semester : IV
4. Nama dan Kode Mata Kuliah : Iklan Media Cetak   (SPK 2208)
5. SKS : 2 sks
6. Pengampu :  Tri Nugroho Adi, M.Si

Dian Bestari SR M.I.Kom

7. Deskripsi Mata Kuliah:

Mata Kuliah Iklan Media Cetak adalah mata kuliah wajib Jurusan Ilmu Komunikasi. Mata kuliah dengan beban 2 SKS ini ditempuh oleh mahasiswa semester 4,  meliputi beberapa sub-materi: Pengantar Iklan Media Cetak , Definisi dan Ruang Lingkup, Filosofi, Sejarah dan Akar Kajian Iklan Media Cetak, Peranan vital bahasa dalam iklan, aspek riset periklanan; dalam tataran praktis mahasiswa akan mempelajari elemen-elemen dalam iklan media cetak, jenis-jenis iklan cetak, jenis font dan penggunaannya dalam iklan media cetak,  body-copy dalam copywriting iklan media cetak, menuliskan headline iklan media cetak yang baik,  peranan biro iklan dalam produksi iklan cetak, prinsip-prinsip integritas dan kode etik iklan media cetak, serta mampu membuat satu jenis iklan cetak layanan masyarak.

8. Kompetensi.     a.Tujuan Pembelajaran Umum:

Setelah mengikuti Mata Kuliah Iklan Media Cetak, mahasiswa diharapkan dapat membuat iklan cetak yang berorientasi pada pembangunan pedesaan dan eksistensi kearifan lokal

b. Tujuan Pembalajaran Khusus:

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan definisi dan ruang lingkup iklan media cetak
  2. Mahasiswa mampu menjelaskan filosofi, sejarah, dan akar kajian iklan media cetak
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai elemen-elemen dalam iklan media cetak
  4. Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis iklan cetak
  5. Mahasiswa mampu menjelaskan media-media yang digunakan oleh iklan cetak
  6. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai tugas dan peranan biro iklan dalam produksi iklan cetak
  7. Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai aspek riset periklanan
  8. Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai prinsip-prinsip integritas dan kode etik iklan media cetak
  9. Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai jenis font dan penggunaannya dalam iklan media cetak
  10. Mahasiswa mampu menuliskan headline iklan media cetak yang baikl
  11. Mahasiswa mampu menuliskan body-copy dalam copywriting iklan media cetak
  12. Mahasiswa mampu membuat spanduk iklan layanan masyarakat
9. OUTCOME:

  1. Mahasiswa akan mengembangkan keterampilan motorik
  2. Mahasiswa akan mengembangkan kemampuan analisis
  3. Mahasiswa akan mengembangkan kreativitas

10. Jadwal Kegiatan

Minggu

Topik

Substansi

Metode

Media

1

  1. Kontrak Belajar
  2. Pengantar Iklan Media Cetak: Definisi dan Ruang Lingkup
Sub materi: Pengantar kuliah Iklan Media Cetak, Beberapa Istilah PeriklananLain-lain: Paparan peraturan kelas, Pembentukan jaringan komunikasi kelas dan ketua kelas (dipilih satu angkatan satu ketua), Penjelasan SAP, Mufakat kontrak belajar, daftar hadir mahasiswa harus sudah tersedia. Ceramah, tanya jawab.Penugasan Minggu pertama bisa di TUGAS PERTAMA IMC White board, spidol, powerpoint rancangan pembelajaran

2

Filosofi, Sejarah dan Akar Kajian Iklan Media Cetak Sejarah Iklan Media Cetak Indonesia, Akar kajian Metode konstruktivisTUGAS KEDUA IMC Powerpoint, copy bahan ajar,online dokumen

3

Kreativitas Dalam Penciptaan Desain Iklan Media CEtak
  1. Review   Ch.2 Bedjo Riyanto.2000. IKLAN SURAT KABAR
  2. Studi Kasus : membandingkan desain, layout dan metode persuasi iklan pada media cetak dari kurun waktu yang berbeda
Studi kasus ,diskusi /presentasi kelompokPenugasan Minggu ke-3 bahan bisa diklik The Advertising Handbook ch 3TUGAS KETIGA IMC White board, spidol, Powerpoint, copy bahan ajar,online dokumen

4

Advertising Fragmentation : The Begining of A new Paradigm The paradigm shift in adv,New competitor Presentasi kelompok, diskusiTUGAS KEEMPAT IMC White board, spidol, Powerpoint, copy bahan ajar,online dokumen

5

The Language of Advertising  The role of advertising language Ceramah, diskusi /presentasi kelompok

TUGAS KELIMA IMC

White board, spidol, Powerpoint, copy bahan ajar,online dokumen

6

Riset Periklanan : Studi Kasus Iklan Media Cetak Ketegori riset iklan Ceramah, diskusi /presentasi kelompok White board, spidol, Powerpoint, copy bahan ajar,online dokumen

7

Iconographic Analysis  Three Levels of Iconographic analysis Ceramah, diskusi /presentasi kelompok White board, spidol, Powerpoint, copy bahan ajar,online dokumen

UJIAN TENGAH SEMESTER

8

Elemen-elemen Iklan Media Cetak Struktur Iklan, Anatomi Iklan, Anatomi Iklan dalam Perdebatan Ceramah, diskusi /presentasi kelompok White board, spidol, Powerpoint, copy bahan ajar

9

Media Iklan Cetak Submateri: Perencanaan Media, Pembelian Media, Periklanan Luar Ruang, Iklan KecilPenugasan: Mahasiswa diberi tugas untuk membuat iklan kecik secara berkelompok dan mempublikasikan iklannya di media massa Ceramah, diskusi /presentasi kelompok White board, spidol, Powerpoint, copy bahan ajar

10

Jenis-Jenis Iklan Cetak Submateri: Menjual Langsung, Potongan Kehidupan, Gaya Hidup, Fantasi, Suasana atau Citra, Simbol Kepribadian (Personality Symbol), Keahlian Teknis (Technical Expertise), Bukti Ilmiah (Scientific Evidence) Ceramah, diskusi /presentasi kelompok White board, spidol, Powerpoint, copy bahan aja

11

Tipografi Iklan Cetak Keluarga Huruf Serif dan Sanserif, Penggunaan Tipografi dalam Iklan Ceramah, diskusi /presentasi kelompok White board, spidol, Powerpoint, copy bahan ajar

12

Copywriting Iklan Media Cetak I Bahasa Iklan, Teknik Penulisan Headline, Macam-Macam Headline Ceramah, diskusi /presentasi kelompok White board, spidol, Powerpoint, copy bahan ajar

13

Copywriting Iklan Media Cetak II Sub-materi :Teknik Penulisan Sub-Headline, Teknik Penulisan Body Copy, Pendekatan Penyampaian Iklan. Ceramah, diskusi /presentasi kelompok,simulasi praktikum White board, spidol, Powerpoint, copy bahan ajar,online dokumen

14

Integritas dan Kode Etik Iklan Media Cetak dan Produksi Iklan Layanan Masyarakat Cetak Konsep Integritas, Etika Pariwara Indonesia, Perda tentang Iklan Luar Ruang Ceramah, diskusi /presentasi kelompokTugas Praktikum Kelompok White board, spidol, Powerpoint, copy bahan ajar

UJIAN AKHIR SEMESTER

 

11. Monitoring & Evaluasi

  • Evaluasi Proses:

Beri tanda silang pada kolom skala jawaban yang sesuai dengan pendapat anda untuk masing-masing obyek penilaian di bawah ini. Skala penilaian: 1=Sangat Tidak Memuaskan, 2=Tidak Memuaskan, 3=Memuaskan, 4=Sangat Memuaskan

No

Obyek Penilaian

Skala Penilaian

1

2

3

4

1 Cakupan Materi
2 Kedalaman Materi
3 Strategi penyampaian
4 Penggunaan metode dan alat bantu
5 Interaksi dan diskusi mahasiswa dengan dosen
6 Rasio ceramah dan latihan
7 Kualitas diskusi kelompok
8 Kehadiran dosen di kelas
9 Pemberian referensi materi kuliah
10 Manfaat penugasan
11 Berikan saran anda untuk perbaikan kualitas perkuliahan selanjutnya:……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
  • Komponen penilaian

ü  UAS              = 25%

ü  UTS              = 25%

ü  Tugas kelp   = 20%

ü  Tugas indv   = 20%

ü  Kehadiran    = 10%

  • Penugasan

ü  Tugas kelompok:

Mereview  satu chapter pada buku referensi yang ditunjuk. Tugas dikerjakan setiap minggu. Pada setiap pertemuan akan  dipilih secara acak satu atau beberapa kelompok  untuk dipresentasikan.

ü  Tugas Individu

II. Mahasiswa memilih satu contoh kasus iklan kemudian disusun dalam paper penugasan minggu ke-4

Kriteria dan Peringkat Nilai

ü  80 ≤ …      = A

ü  66 – 79      = B

ü  56– 65      = C

ü  50 – 55      = D

ü  …. ≤49      = E

 

12. Referensi

  1. Suyanto, M. 2006. Strategi Perancangan Iklan Outdoor Kelas Dunia. Yogyakarta: Penerbit Andi
  2. Kartajaya, Hermawan. Dkk. 2005. Positioning, Diferensiasi, dan Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  3. Hahn, Fred E. dan Kenneth G. Mangun. 2002. Do-it-Yourself Advertising & Promotion. Alih bahasa: JJ Waskito. Jakarta: Penerbit PT Grasindo
  4. Morissan. 2010. Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  5. Fletcher, Alan D. dan Thomas A. Bowers. 1990. Fundamentals of Advertising Research. California: Wadsworth Publishing Company
  6. Aaker, David A. dan John G. Myers. 1982. Advertising Management. New Delhi: Prentice-Hall, Inc.
  7. Lee, Monle dan Carla Johnson. 2004. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Penerjemah: Haris Munandar & Dudy Priatna. Jakarta: Prenada Media
  8. PPPI. Reka Reklame Sejarah Periklanan Indonesia 1774-1984. Jakarta: PPPI & GalangPress
  9. Nuradi, dkk. 1996. Kamus Istilah Periklanan Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  10. Ries. Al dan Laura Ries. The Fall of Advertising & The Rise of PR. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  11. Wilmshurst, John. 1993. Below-the-line Promotion. Oxford: Butterworth-Heinemann Ltd
  12. Masli, RTS dan Budi Setiyono. 2008. Iklan dan Politik. Jakarta: AdGoal.Com
  13. Lane, Ronald, Karen Whitehill King, J. Thomas Russel. 2005. Kleppner’s Advertising Procedure. Canada: Pearson Education
  14. Widyatama, Rendra. 2011. Teknik Menulis Naskah Iklan agar Tepat Kena Sasaran. Yogyakarta: Cakrawala
  15. Madjadikara, Agus S. 2005. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  16. Agustrijanto. 2002. Copywriting. Bandung: Remaja Rosdakarya
  17. Santosa, Sigit. 2002. Advertising Guide Book. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  18. Widyatama, Rendra. 2007. Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
  19. Tinarbuko, Sumbo. 2008. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra
  20. Kirkpatrick, Jerry. 2007. In Defense of Advertising, Arguments from Reason, Ethical Egoism, and Laissez-Faire Capitalism. California: TLJ Books
  21. Riyanto, Bedjo. 2000. Iklan Surat Kabar dan Perubahan Masyarakat di Jawa Masa Kolonial (1870-1915). Yogyakarta: Tarawang Press
  22. Dyer, Gillian. 1999. Advertising as Communication. USA: Routledge

~ oleh Tri Nugroho Adi pada 4 Maret 2014.

2 Tanggapan to “RANCANGAN PEMBELAJARAN IKLAN MEDIA CETAK”

  1. semoga bermanfaat gan>>>?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: