KOMUNIKASI MASSA : DEFINISI, KARAKTERISTIK DAN FUNGSI

Definisi :

KOMUNIKASI MASSA ADALAH SUATU PROSES MELALUI MANA KOMUNIKATOR-KOMUNIKATOR MENGGUNAKAN MEDIA UNTUK MENYEBARLUASKAN PESAN-PESAN SECARA LUAS DAN TERUS MENERUS MENCIPTAKAN MAKNA-MAKNA SERTA DIHARAPKAN DAPAT MEMPENGARUHI KHALAYAK YANG BESAR DAN BERAGAM DENGAN MELALUI BERBAGAI CARA.

(DeFleur & McQuail, 1985, McQuail, 2000).

FOKUS STUDI :

MEDIA MASSA MENJADI OBYEK UTAMA STUDI KOMUNIKASI MASSA

MEDIA MASSA TIDAK HANYA SEBAGAI SALURAN KOMUNIKASI TETAPI   JUGA DALAM POSISINYA SEBAGAI INSTITUSI:

EKONOMI (BISNIS)

SOSIAL-BUDAYA

POLITIK

Karakteristik KOMUNIKASI MASSA
(Konsep Klasik)

1.Ditujukan ke khalayak luas, heterogeen, tersebar, anonim serta tidak mengenal batas geografis dan kultural.

2.Bersifat umum bukan perorangan.

3.Penyampaian pesan berjalan secara cepat dan mampu menjangkau khalayak yang luas dalam waktu yang relatif singkat (messages multiplier)

4.Penyampaian pesan cenderung berjalan satu arah

5.Kegiatan komunikasi dilakukan secara terencana, terjadwal dan terorganisir.

6.Kegiatan komunikasi dilakukan secara berkala tidak bersifat temporer.

7.Isi pesan mencakup berbagai aspek kehidupan (sosial, ekonomi, politik, budaya, dll.)

Konsepsi Komas Klasik :

HANYA MENCAKUP 5 MEDIA MASSA : (THE BIG FIVE OF MASS MEDIA)

SURATKABAR

MAJALAH

RADIO

TELEVISI

FILM

 

IMPLIKASI TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Perbedaan konseptual, fungsional dan operasional antara Komunikasi Massa dengan Komunikasi Antarpribadi semakin kabur dan menipis.

Ada pergeseran konsepsi : dari ONE TO MANY COMMUNICATION menjadi MANY TO MANY COMMUNICATIONS.

Fungsi Sosial Media Massa
(Lasswell & Wright)

1. PENGAWASAN LINGKUNGAN (Social Surveillance)

2. KORELASI SOSIAL (Social Correlation)

3. SOSIALISASI (Social Transmission)

4. HIBURAN (Entertainment)

Fungsi Sosial Media Massa
(Lazarsfeld & Merton)

1. MEMBERIKAN/MENGUKUHKAN STATUS SOSIAL

2. MEMPERKOKOH NORMA-NORMA SOSIAL

 

FUNGSI MEDIA MASSA BAGI INDIVIDU
(Becker, 1985)

  1. PENGAWASAN ATAU PENCARIAN INFORMASI
  2. PENGEMBANGAN DIRI
  3. FASILITASI DALAM HUBUNGAN SOSIAL
  4. SUBSTITUSI DALAM HUBUNGAN SOSIAL
  5. MEMBANTU MELEGAKAN EMOSI/AFEKSI
  6. SARANA PELARIAN DARI KETEGANGAN  DAN KETERASINGAN
  7. BAGIAN DARI KEHIDUPAN RITUAL RUTIN (RITUALISASI)

DAYA TARIK ISI PESAN MEDIA MASSA    :

  1. Novelty
  2. Jarak (Dekat atau Jauh)
  3. Popularitas
  4. Konflik (Pertentangan)
  5. Komedi (Humor)
  6. Seks dan keindahan
  7. Emosi/Afeksi
  8. Nostalgia
  9. Human Interest

 

~ oleh Tri Nugroho Adi pada 5 November 2011.

4 Tanggapan to “KOMUNIKASI MASSA : DEFINISI, KARAKTERISTIK DAN FUNGSI”

  1. […]  Mass Communication and Media Literacy – Studi tentang bagaimana bentuk-bentuk komunikasi massa, seperti media cetak, radio dan televisi menyebarkan informasi dan memengaruhi masyarakat. […]

  2. blog ny item amat, mlas bacany nih..

  3. […] Sumber: https://sinaukomunikasi.wordpress.com/2011/11/05/komunikasi-massa-definisi-karakteristik-dan-fungsi/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: