SELF-EVALUASI DALAM PENYUSUNAN USUL PENELITIAN

Tri Nugroho Adi

Tri Nugroho Adi

Bagaimana bisa membedakan secara “mudah” antara ciri-ciri atau batas-batas  usul penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.Untuk menjawab hal itu maka dalam bahasan ini secara khusus akan disajikan uraian tentang ciri pokok usulan penelitian kuantitatif dan kualitatif beserta langkah-langkah  self-evaluasi dalam menyusun proposal tersebut

Penelitian Kuantitatif (1)

                   Penelitian Kualitatif (2)

(1)    Kerangka Pikiran mengarahkan langkah-langkah metodologis yang harus diambil peneliti dari sejak awal  hingga akhir penelitian.

(1)     Kerangka Pikiran hanya memberikan arahan awal daripada langkah-langkah metodologis yang akan diambil peneliti. Untuk selanjutnya  langkah-langkah metodologis akan ditetapkan  di lapangan, sesuai dengan perkembangan pikiran yang terjadi di lapangan

(2) Dalam Penelitian Kuantitatif yang bersifat hypothesis-testing,perlu ada rumusan hipotesis. Rumusan hipotesis ini merupakan kesimpulan hipotesis dari apa yang telah diuraikan dalam Kerangka Pikiran.

(2) Penelitian Kualitatif tidak harus mengajukan hipotesis. Kerangka Pikiran telah dapat berfungsi sebagai hipotesis meskipun sifatnya hanya mengantarkan peneliti untuk memasuki lapangan.

(3)   Teknik samplingnya (bila penelitian itu merupakan penelitian terhadap sampel) dilandasi oleh azas random, karena penelitian jenis ini menghendaki representasi sampel.

(3)   Penetapan Responden tidak dilandasi pemikiran bahwa ‘responden harus representatif terhadap populasinya’, melainkan bahwa ‘mereka harus dapat memberikan informasi yang diperlukan’

(4)   Sifat penyimpulan penelitian mengarah ke generalisasi. Itulah sebabnya mengapa sampel harus representatif terhadap populasinya.

(4)Sifat penyimpulan penelitian tidak secara khusus diarahkan ke generalisasi.

(5)   Jenis instrumen yang digunakan pada umumnya adalah jenis yang dapat digunakan untuk memperoleh data yang banyak dalam waktu yang relatif singkat.

(5)Jenis instrumennya pada umunya adalah jenis yang dapat digunakan untuk melakukan in-depth study, dengan tekanan bahwa peneliti adalah instrumen utamanya

(6)   Instrumen penelitian kauntitatif merupakan instrumen yang sudah dimantapkan sebelum ke lapangan, dan akan dipakai untuk mengumpulkan data dari awal hingga selesai.

(6)Instrumen penelitian kualitatif merupakan pedoman-pedoman pengumpulan data yang masih harus dirobah dan dikembangkan di lapangan.

(7)   Jenis data yang akan diperoleh dengan instrumen-instrumen penelitian kuantitatif sebagian terbesar berupa angka atau akan diangkakan.

(7)Jenis data yang dikumpulkan pada umumnya merupakan informasi verbal/naratif, jadi tidak berupa angka, dan tak direncanakan untuk diangkakan

(8)   Seperti halnya dengan istrumennya, teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif pada umumnya adalah teknik-teknik yang memungkinkan peneliti memperoleh data yang banyak dalam waktu yang relatif singkat.

(8)Teknik pengumpulan datanya adalah teknik yang memungkinkan diperolehnya data detil, dengan waktu yang lebih lama.

(9)   Teknik analisis yang dominan adalah teknik statistik.

(9)Yang dominan adalah teknik-teknik non statistik.

(10)Sifat dasar penelitian kuantitatif adalah deduktif.

(10) Sifat dasar analisisnya adalah induktif

Materi Self-evaluasi

Ciri-Ciri peneltian kuantitatif dan kualitatif sebagaimana dikemukakan di atas menempatkan dua jenis penelitian tersebut berbeda arah dan tekanannya.Berpangkal pada penempatan jenis penelitian kuantitatif dan kualitatif pada dua kutub yang berlawanan, berikut ini disajikan pertanyaan-pertanyaan self-evaluasi.Pada umumnya dapat dikatakan, bahwa langkah yang dikerjakan adalah benar bila semua jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan self-evaluasi adalah positif (seperti ‘ya’,’ada’,’sudah’,dan sebagainya),kecuali untuk pertanyaan-pertanyaan tertentu.

Urutan cara penggunaan pedoman itu adalah sebagai berikut:

Pertama-tama, pelajari dulu item-item self-evaluasi.Dengan demikian akan diperoleh gambaran tentang struktur dan kriteria  dari rencana penelitian yang semestinya. Kemudian jalankan ‘langkah’ yang diminta dikerjakan. Tuliskan pada kertas buram.Lalu jawablah dalam hati pertanyaan-pertanyaan self-evaluasi untuk langkah yang bersangkutan.Lakukan perbaikan-perbaikan pada apa yang sudah  dituliskan pada kertas buram,bila urutan penggunaan ini dijalankan sebagaimana mestinya, maka dengan selesai dikerjakan ‘langkah’ terakhir (yaitu penyusunan daftar pustaka), akan selesai pulalah sebuah rencana penelitian pada kertas buram yang siap diketik.

  1. Judul Penelitian

Rumuskan judul penelitian.

    1. Apakah judul itu sudah cukup singkat?
    2. Apakah sudah cukup mudah dimengerti?
    3. Apakah judul itu sudah mencerminkan inti masalah yang hendak diteliti?
    4. Apakah judul penelitian ini perlu memuat tempat dan waktu penelitian ?
  1. Latar Belakang Masalah

Rumuskan alasan yang mendorong perlunya penelitian tentang masalah itu dilaksanakan.

    1. Apakah dalam alasan itu telah dikemukakan hasil-hasil pengamatan tentang adanya permasalahan itu?
    2. Apakah dalam alasan itu telah disuguhkan sedikit data empirik dari penelitian-penelitian terdahulu tentang adanya permasalahan itu?
    3. Apakah dalam alasan itu telah dikemukakan perlunya masalah itu segera diperjelas, dan/atau dipecahkan/diberi jawabannya.?
  1. Rumusan Masalah

Rumuskan yang hendak dijawab melalui penelitian ini.

    1. Apakah rumusan itu sudah cukup singkat?
    2. Apakah sudah berupa kalimat tanya yang lengkap?
    3. Apakah sudah menunjukkan inti masalah yang hendak diteliti?
    4. Apakah sudah nampak jenis-jenis variabel penelitiannya?
    5. Apakah masalah itu mungkin untuk diteliti?
    6. Apakah kira-kira datanya tersedia dan/atau dapat dicari?
    7. Apakah masalah itu cukup berharga untuk diteliti, dalam arti ada manfaat praktis dan teoritisnya?
    8. Apakah masalah itu cukup menarik untuk diteliti?
  1. Manfaat Penelitian

Tuliskan manfaat yang diharapkan dari penelitian ini?

    1. Adakah manfaat praktisnya?
    2. Adakah manfaat teoritisnya?
  1. Tinjauan Pustaka

Reviewlah pustaka yang relevan dengan masalah yang hendak diteliti.

    1. Apakah telah ditelaah pustaka yang memuat teori dasar yang bersangkutan dengan masalah yang hendak diteliti?
    2. Apakah telah ditelaah hasil-hasil penelitian terdahulu yang mendorong perlunya masalah penelitian sekarang ini diteliti?
    3. Apakah telah ditunjukkan, bahwa penelitian sekarang ini berbeda dalam aspek-aspek tertentu dengan penelitian sejenis terdahulu?
  1. Kerangka Pikiran

Uraian jalan pikiran peneliti dalam menjawab masalah penelitian.

Penelitian Kuantitatif:

  1. Apakah variabel-variabel penelitiannya (variabel bebas, terikat, antara) telah disebutkan dan diberikan batasannya masing-masing?
  2. Apakah sudah dijelaskan perkiraan hubungan antara berbagai variabel penelitian itu?
  3. Apakah sudah diketengahkan hukum atau teori, atau data empiris dari penelitian lain, yang dapat melandasi hubungan yang diperkirakan ada di antara berbagai variabel itu?
  4. Apakah sudah dikemukakan asumsi-asumsi yang melandasi perkiraan hubungan di antara berbagai variabel itu?
  5. Apakah sudah dipahami sejak sekarang, bahwa kerangka pikiran ini akan membrikan arah terhadap langkah-langkah metodologis yang akan dijalankan peneliti ?
  6. Apakah sudah dipahami sejak sekarang, bahwa arah yang diberikan oleh kerangka pikiran itu harus diikuti sejak awal hingga akhir penelitian?

Penelitian Kualitatif

  1. Tanpa menekankan pada pengidentifikasian dan penamaan variabel-variabel penelitiannya, apakah ‘variabel-variabel’ itu sudah ada dalam kerangka pikiran?
  2. Apakah dalam kerangka pikiran itu sudah nampak jelas sikap peneliti, bahwa apa yang diuraikan itu masih bersifat sangat sementara dan belum pasti?
  3. Apakah peneliti sudah memahami sejak sekarang, bahwa kerangka pikiran itu hanya  membrikan arahan awal daripada langkah-langkah metodologis yang akan diambil?Bahwa  selanjutnya, langkah-langkah metodologis akan ditetapkan di lapangan, sesuai dengan perkembangan pikiran yang terjadi di lapangan ?
  1. Hipotesis.

Penelitian Kuantitatif.

Rumuskan jawaban sementara terhadap pertanyaan penelitian.

    1. Apakah penelitian ini memang termasuk jenis yang memerlukan hipotesis?Jadi misalnya bukan jenis penelitian eksploratif?
    2. Apakah rumusan hipotesis itu sudah merupakan kesimpulan (yang sifatnya hipotesis) dari apa yang telah diuraikan dalam kerangka pikiran?
    3. Apakah hipotesis itu sudah spesifik – dalam arti telah menunjukkan arah (positif atau negatif), dan besarnya perbedaan atayu kuatnya hubungan yang diperkirakan ada di antara variabel-variabel penelitian ?
    4. Apakah setiap variabel penelitian telah diberi batasan operasional dan kejelasan ukuran-ukurannya?

Penelitian Kualitatif.

(jenis ini tidak memerlukan hipotesis )

  1. Metodologi

Jelaskan cara data hendak dikumpulkan dan dianalisis.

Penelitian Kuantitatif.

  1. Apakah sudah disebutkan populasi dan sampel penelitian?(bila diperlukan)
  2. Apakah cara samplingnya sudah didasarkan azas random?
  3. Apakah sudah diuraikan bagaimana sampel penelitian ditetapkan?
  4. Apakah sudah disadari sejak sekarang, bahwa sifat penyimpulan hasil penelitian nanti akan mengarah ke generalisasi?
  5. Apakah sudah diuraikan rincian data dari masing-masing variabel yang akan dikumpulkan?
  6. Apakah sudah dikemukakan sumber datanya?
  7. Apakah sudah dikemukakan instrumen penelitiannya?
  8. Apakah sudah disadari bahwa jenis data yang akan diperoleh dengan instrumen-instrumen itu sebagian besar berupa angka atau akan diangkakan?
  9. Apakah sudah dikemukakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen-instrumen itu?
  10. Apakah sudah disadari bahwa jenis instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan itu adalah jenis dan teknik yang memungkinkan diperolehnya data yang banyak dalam waktu yang relatif singkat?
  11. Apakah sudah dikemukakan langkah-langkah validasi yang akan dijalankan?
  12. Apakah sudah dikemukakan  rancangan/model analisis yang akan digunakan?
  13. Apakah sudah disadari bahwa instrumen ini harus sudah mantap sebelum peneliti terjun ke lapangan?
  14. Apakah sudah dijelaskan  mengapa rancangan/model itu yang akan digunakan?
  15. Apakah sudah disadari bahwa teknik analisis yang dominan dalam penelitian ini adalah teknik statistik?
  16. Apakah sudah  disadari bahwa sifat dasar analisis penelitian ini deduktif?

Penelitian Kualitatif.

  1. Apakah uraian metodologi yang dibuat itu sudah cukup memberikan gambaran tentang prosedur umum pengumpulan data yang akan dijalankan oleh peneliti?
  2. Apakah sudah disadari bahwa penetapan respoden tidak dilandasi pemikiran bahwa ‘responden harus representatif dalam populasinya’,tetapi dilandasi pemikiran bahwa ‘mereka dapat memberikan informasi yang diperlukan’?
  3. Apakah sudah disadari sejak sekarang, bahwa sifat penyimpulan hasil penelitian nanti akan mengarahkan ke non generalisasi?
  4. Apakah sudah disadari bahwa instrumen penelitian kualitatif hanya merupakan pedoman-pedoman pengumpulan data yang masih harus dirobah dan disempurnakan di lapangan ?
  5. Apakah sudah disadari bahwa jenis data yang diperoleh dengan instrumen itu atau instrumen yang masih harus dikembangkan di lapangan, pada umumnya merupakan informasi verbal—jadi tidak berupa angka-angka dan tak direncanakan di lapangan?
  6. Apakah sudah disadari bahwa instrumen dan teknik pengumpulan data itu merupakan jenis  dan teknik yang memungkinkan dijalankan ‘in-depth study’?
  7. Apakah sudah disadari bahwa teknik analisis yang digunakan itu teknik non-statistik?
  8. Apakah sudah disadari bahwa sifat dasar analisis penelitian ini adalah induktif?
  1. Jadwal

Tuliskan jadwal penelitian:

    1. Apakah sudah dijadwalkan kegiatan-kegiatan:
  • Menyusun rencana penelitian
  • Penyusunan instrumen penelitian
  • Penyiapan ijin
  • Penyiapan lapangan
  • Penetapan sampel
  • Pengumpulan data
  • Analisis data
  • Penyusunan laporan
  • Review konsep dan finalisasi laporan
  • Dan produksi laporan
    1. Apakah jumlah waktu seluruhnya sudah sesuai dengan waktu yang tersedia bagi penelitian ini ?
  1. Daftar  pustaka.

Tuliskan daftar pustaka:

    1. Apakah semua pustaka yang dikutip telah dituliskan lengkap pada daftar ini?
    2. Apakah jenis pustaka yang ditulis sebagian besar sudah sesuai dengan disiplin ilmu yang tersangkut dalam penelitian ini?

 

~ oleh Tri Nugroho Adi pada 21 Oktober 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: