THEORIES OF MESSAGE PRODUCTION

Tri Nugroho Adi

Tri Nugroho Adi

Teori produksi pesan dapat dibagi ke dalam tiga kategori :

  1. Trait explanation : berkaitan dengan karakter atau ciri bawaan individu serta hubungan antara sifat ini dengan variabel lainnya
  2. Behavioral explanation : berkenaan dengan berbagai jenis perilaku manusia, bagaimana perilaku tersebut dibentuk dan kaitan antara perilaku tertentu dengan sifat, perasaan dan pikiran
  3. Cognitive Explanatioan: mencoba menggambarkan bagaimana  mekanisme pikiran individu

 Traits and behavior ( sifat /karakter individu dan perilaku )

Para ahli psikologi sudah sejak lama mendalami kedua hal ini. Sifat dan perilaku acapkali dianggap sebagai dua hal yang sangat berkaitan. Dalam kaijan komunikasi para ahli mencoba memahami kaitan antara sifat dan perilaku dengan bentuk komunikasi yang dihasilkan.

Contoh teori tentang Sifat/ Karakter

  • § Conversational Narcissism

Narsistik secara etimologis berarti cinta diri. Para ahli komunikasi seperti Anita Vangelisti dkk menerapkan konsep ini ketika mengidentifikasi satu jenis perilaku komunikasi yaitu conversational narcisism .Orang dengan perilaku komunikasi jenis ini digambarkan sebagai orang yang suka mendominasi alur komunikasi, dengan cara terus-menerus membicarakan diri mereka sendiri. Mereka biasanya menggunakan perangkat komunikasi non verbal untuk menunjukkan dominasinya dan dikenal tidak sensitif serta tidak tanggap terhadap lawan bicaranya.

  • § Argumentativeness

Suatu kecenderungan untuk senantiasa mengarahkan pembicaraan ke dalam topik yang kontroversial. Mereka habis-habisan mempertahankan  sudut pandangnya sendiri dan  menolak pandangan yang berseberangan.Konsep ini sebenarnya tidak selalau berarti negatif karena menurut Dominic Infante dkk, argumentativeness bisa juga dimanfaatkan dalam belajar, membuat kita bisa melihat perspektif orang lain, menciptakan kredibilitas dan akhirnya menghasilkan ketrampilan berkomunikasi tertentu.Para ahli memasukkan argumentativeness ini sebagai sifat yang positif; sebaliknya verbal argumentativeness dan hostility (permusuhan) sebagai sifat yang negatif.

§ Social and Communicative Anxiety

James McCroskey dkk meneliti tentang orang-orang yang mengalami ketakutan untuk berkomunikasi. Konsepnya dikenal communication apprehension.Dalam keadaan normal ketakutan berkomunikasi ( dihadapan orang banyak/publik misalnya) masih dianggap wajar, namun ketika sudah sampai pada tahap patologis sehingga orang menjadi cenderung menghindari komunikasi maka sudah tentu akan menjadi persoalan tersendiri.Konsep ini lalu berkembang dan menjadi bagian dalam kajian tentang penolakan sosial, kecemasan sosial, kecemasan berinteraksi dan rasa malu dan tergabung dalam social and communiative anxiety.

Traits, Temperament and Biology

Para ahli psikologi telah menelaah aspek biologis sebagai variabel yang berpengaruh terhadap perilaku individu. James McCroskey dkk membawa konsep tersebut dalam kancah komunikasi.Secara umum, kajian mereka mendasarkan pada asumsi bahwa karakteristik seseorang sebenarnya berakar pada struktur bilogis saraf-saraf tertentu atau berawal dari aktivitas otak tertentu.

Konsep yang bernuansa bilogis dalam kajian komunikasi ini lalu dikenal dengan Communibiological paradigm dan dikembangkan oleh James McCroskey dan Beatty. Salah satu penelitian menemukan bahwa penyebab sifat Communication Apprehension akut adalah faktor biologis.Ada limbic system  dalam otak manusia yang mengendalikan kadar sensitifitas seseorang.Makin sensitif sistem ini akan menimbulkkan pengalaman yang diliputi kecemasan.Rangsangan dari lingkungan akan diproses olah bagian tertentu dalam otak bernama behavioral inhibition system ( BIS )

[……….]

ACCOMODATION AND ADAPTATION

Bila kita perhatikan interaksi antara pembicara dengan lawan bicaranya dengan seksama akan kita lihat bahwa seringkali di antara peserta pembicaraan saling menyesuaikan perilaku mereka.Misalnya, dua orang yang saling berbicara akan saling menyesuaikan sehingga aksennya menjadi mirip,kecepatan bicaranya juga sama, atau bahkan muncul bahasa tubuh yang mirip sehingga menyerupai gambaran di hadapan cermin di antara mereka.Beberapa teori yang dihasilkan dari penelitian semacam ini ada di bawah ini:

  • § Accomodation Theory

Dikembangkan oleh Howard Giles dkk. Teori ini mengatakan bahwa para pelaku komunikasi seringkali saling menirukan perilaku di antara mereka.Ini disebut convergence.Bila sebaliknya maka disebut divergence, yakni ketika si pelaku komunikasi menyadari atau cenderung memilih berbeda dengan lawan bicaranya.

Konvergensi ini bisa terjadi sebagian atau seluruhnya meliputi : aksen bicara, keras tidaknya suara, kosa kata, tata bahasa, bahasa tubuh, atau hal lainnya.Meski konvergensi ini umumnya disadari namun biasanya terjadi secara tidak sadar.Yang lebih disadari adalah ketika terjadi divergensi bukan konvergensi.

Teori akomodasi menjadi bagian penting dalam komunikasi karena ia akan berkaitan dengan terbentuknya identitas sosial.

Akomodasi seringkali dikaitkan dengan kekuasaan. Artinya pihak yang lebih kuat kedudukannya cenderung memunculkan perilaku konvergence bagi lawan bicaranya yang kebetulan status sosial atau powernya lebih rendah.

Konvergensi juga mendatangkan resiko hilangya  identitas diri orang yang melakukannya.

Divergensi sebaliknya justru bermanfaat ketika sekelompok orang mencoba untuk tetap beda di hadapan  orang lain yang bukan kelompoknya, tujuannya adalah untuk mempertahankan identitas kelompoknya.

Referensi  :

Littlejohn,S.W.Theories of Human Communication,7th Edition,2001,Belmont,California:Wadsworth Publishing Company, Chapter 6

~ oleh Tri Nugroho Adi pada 18 Agustus 2011.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: